Pendapat kontroversial fisikawan Inggris Stephen Hawking yang mengabaikan peran Tuhan dalam penciptaan alam semesta ternyata bikin heboh seluruh dunia. Stephen Hawking pun langsung menjadi topik perbincangan paling hangat di Twitter bertengger di puncak trending topics.

Saat dikunjungi Jumat (3/9/2010) malam, jumlah tweet dengan keyword atau kata kunci stephen hawking mencapai lebih dari 1000 kali hanya dalam waktu setengah jam saja. Rata-rata pengguan twitter meneruskan informasi dari berbagai situs soal pendapat yang kontroversial tersebut.

Tak sedikit yang mengaku sudah memesan buku terbaru karangan Stephen Hawking lewat Amazon berjudul “The Grand Design”. Dalam buku yang akan diluncurkan 9 September mendatang di Inggris, Hawking menulis sejumlah pendapat yang menuai banyak tangapan itu.

Hawking menulkiskan bahwa alam semesta bisa tercipta karena hukum gravitasi. Menurutnya, tak perlu membawa-bawa nama Tuhan seolah-olah sebagai penciptanya. Ia menjelaskan teori M yang menjelaskan bagaimana alam semesta dapat tercipta secara spontan.

Pendapat tersebut langsung menuai tanggapan dari banyak pihak dan menjadi memunculkan opini tanggapan di media massa Inggris. Menanggapi pendapat kontroversial tersebut, sejumlah pemuka agama di Inggris mengatakan tak perlu mempertentangkan agama dan sains karena punya cara pandang yang berbeda. Salah satu kolega Hawking di Universitas Cambridge juga berpendapat Hawking memaknai istilah Tuhan secara berbeda dengan makna dalam kitab suci.