Map of the Sunda Strait, Indonesia.
Image via Wikipedia

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan tentang gelombang tinggi di sejumlah perairan berlaku Minggu pukul 07.00-19.00 WIB, sehingga pengguna jalur pelayaran tersebut untuk mewaspadainya.

Gelombang berkisar 2,0-3,0 meter, berpeluang di Perairan Utara Aceh, Perairan Barat Kep. Nias, Perairan Kep. Mentawai, Perairan Barat Bengkulu hingga Lampung.

Kemudian, Selat Sunda bagian Selatan, Perairan Selatan Jawa hingga NTB, Perairan Selatan P. Sumba, Laut Sawu bagian Selatan, Laut Timor, Laut Flores bagian Timur.

Juga berpeluang di Perairan Sulawesi Tenggara, Laut Banda, Teluk Tolo, Laut Maluku bagian Selatan, Laut Buru, Perairan Selatan P. Buru dan P. Seram, Perairan Kep. Kai dan Kep Aru, Perairan Kep. Leti ? Kep. Babar dan Kep. Tanimbar, dan Laut Arafuru bagian Tengah dan Barat.

Selanjutnya, gelombang 3,0-4,0 meter berpeluang di Laut Andaman, Laut Arafuru bagian Timur, dan Perairan selatan Merauke.

Sedangkan gelombang 4,0-5,0 meter berpeluang di Laut Cina Selatan.

BMKG juga mengeluarkan prakiraan cuaca jalur penyeberangan selama 24 jam sejak pukul 07.00 WIB yakni untuk Perairan Merak-Bakauheni berpeluang hujan, angin bertiup dengan kecepatan 05-08 knot dan tinggi gelombang berkisar 0,6-1,2 meter.

Di Selat Sunda bagian Selatan pun berpeluang hujan, angin bertiup dengan kecepatan 10-15 knot dan tinggi gelombang 2,0-3,0 meter.

Kemudian, di Selat Bangka bagian Utara berpeluang hujan, angin bertiup dari Timur ke Selatan dengan kecepatan 03-15 knot, dan tinggi gelombang 0,3-1,5 meter.

Di Selat Bangka bagian Selatan pun berpeluang hujan, angin bertiup dari Timur ke Selatan dengan kecepatan 03-10 knot dan tinggi gelombang 0,3-1,0 meter.

Hujan pun berpeluang di Selat Gelasa, angin bertiup dari Timur ke Selatan dengan kecepatan 05-10 knot, dan tinggi gelombang 0,8-1,3 meter.

Sementara di Selat Bali bagian Utara ( Ketapang – Gilimanuk ) cuaca berpeluang cerah berawan, angin dari Timur ke Tenggara dengan kecepatan 03-21 knot, dan tinggi gelombang 0,8-1,3 meter.

Di Selat Bali bagian Selatan cuaca juga cerah berawan, angin dari Timur ke Tenggara dengan kecepatan 03-23 knot, dan tinggi gelombang 0,8-2,0 meter.

Cuaca cerah berawan pun berpeluang di Selat Badung, angin dari Timur ke Tenggara dengan kecepatan 03-23 knot, dan tinggi gelombang 1,5-2,0 meter.

Sedangkan di Selat Lombok Bagian Utara (Padang Bai – Lembar ) pun cerah berawan cuacanya, angin dari Timur ke Tenggara dengan kecepatan 04-21 knot.

Begitu pula di Selat Lombok bagian Selatan, cuaca cerah berawan angin dari Timur ke Tenggara dengan kecepatan 04-23 knot, dan tinggi gelombang berkisar 1,5-2,0 meter pula.

Enhanced by Zemanta