UGM Juara 1 Java Overland Varsity English Debate

Satu lagi prestasi membanggakan diraih oleh para mahasiswa UGM di kancah nasional. Tim English Debating Society (EDS) UGM meraih juara 1 dan juara lll pada kompetisi debat nasional Java Overland Varsity English Debate (JOVED) yang digelar oleh English Debating Society (EDS) Universitas Indonesia tanggal 22-28 Juli 2010 lalu. Sementara itu untuk juara 2 diraih oleh tim dari UI.

Tim UGM yang meraih juara l tersebut yaitu EDS UGM A terdiri atas Yunizar Adiputera (HI-2006), Eldhianto Maulana Jusuf (HI-2007) serta Urfi Syifa Urohmah (HI-2008). Sedangkan tim EDS UGM B terdiri dari Astri Agustina (HI-2008), M.Ghufron Mustaqim (HI-2009) dan Bella Chyntiara (Akuntansi-2009) meraih juara lll.

Menurut penjelasan dari salah satu anggota tim debat, Urfi Syifa Urohmah, setidaknya ada 10 topik yang diperdebatkan pada masing-masing babak. Untuk babak pre-eliminasi dibahas topic mengenai media massa, geopolitik, hukum dan keadilan, ekonomi, kebebasan berekspresi dan kesetaraan gender.

“ Sedangkan di babak eliminasi ada topic soal etnis minoritas, isu nasional, natural disaster manajemen hingga hukum perang,” papar Urfi, Senin (2/8).

Ditambahkan Urfi, dari berbagai topik tersebut lima diantaranya merupakan topic impromptu, yang baru diberikan tiga puluh menit sebelum perdebatan dimulai. Hal ini merupakan tantangan tersendiri bagi setiap tim untuk berargumen dengan lugas disertai analisis yang komprehensif, serta membutuhkan pengetahuan umum yang luas serta logika berpikir cepat.

” Selain ada topik yang telah ditentukan ada pula yang impromptu dan ditentukan 30 menit sebelum debat dimulai, ” katanya.

Khusus babak final, topik yang dibahas berjudul ‘This House Believe that After a Military Intervention Overthrows an Oppressive Regime, the Occupational Forces Should Immadiately Leave’. Dalam kesempatan itu EDS UGM A berperan sebagai pemerintah, sedangkan EDS UI A berperan sebagai pihak oposisi. Perdebatan kemudian berakhir dengan keputusan juri 5-2, dengan kemenangan diraih EDS UGM A.

” Tim kedua yakni EDS UGM B berhasil meraih juara ketiga , karena terhenti di babak semifinal setelah menghadapi EDS UGM A yang melaju ke final, ” imbuh Urfi.

Pada kompetisi debat ini EDS UGM juga berhasil memenangkan JOVED 2011 Bidding. Dengan hasil itu maka tahun 2011 mendatang JOVED akan diselenggarakan di UGM. Event tahunan ini diikuti oleh 54 tim debat terbaik setanah air, yang berasal dari kurang lebih 37 universitas di Indonesia. Pada kesempatan kali ini, EDS UGM mengirimkan sebanyak 15 orang delegasi yang terdiri dari 6 orang tim debat serta 9 orang tim juri.

sumber : Website resmi UGM

Enhanced by Zemanta