Akibat kerusakan di PLTGU Muara Karang Penjaringan Jakarta Utara, hari ini PLN melakukan pemadaman bergilir di sebagian wilayah DKI Jakarta.

General Manager Area Jakarta – Tangerang, Purnomo Willy, menyampaikan permohonan maaf kepada pelanggan terkait pemadaan bergilir tersebut.

Alasan dilakukan pemadaman tersebut, karena ada beberapa alat yang sulit diperbaiki. “Untuk memperbaikinya ternyata membutuhkan waktu lama. Kami upayakan listrik kembali normal pada sore ini,” kata Willy.

Namun, bila sampai sore alat itu belum bisa start, maka pemadaman bergilir akan terus dilakukan. “Kami masih terus berupaya agar pemadaman ini tak berlangsung lama,” jelas Willy.

Sebenarnya, bila alat tersebut bisa diperbaiki dalam waktu 2 jam, maka tidak ada pemadaman bergilir. Wilayah yang saat ini dipadamkan adalah Cinere, Kemang, Mampang, dan Petukangan di wilayah Jakarta Selatan.

Sedangkan wilayah yang pagi tadi padam, yaitu Cengkareng, Tangerang, Budi Kemulyaan, Thamrin dan Kebon Sirih. Wilayah tersebut kini sudah menyala kembali.

Kerusakan di PLTGU Muara Karang, disebabkan ada alat berat  menabrak salah satu gardu sehingga terjadi gangguan yang menyebabkan padamnya listrik di sejumlah daerah.

Menurut Humas PLTGU Muara Karang, Bambang Satrio, alat berat itu milik kontraktor asal Jepang, yang sedang mengerjakan proyek penambahan daya. “Akibat kejadian itu, Jakarta kehilangan daya 700 megawatt,” kata Bambang.

• VIVAnews