Microsoft mengumumkan rencana mereka untuk menghadirkan update seputar masalah pada shortcut di Windows, Senin waktu Amerika Serikat. Masalah itu baru terungkap sekitar dua pekan lalu.

Masalah yang disorot oleh Microsoft adalah penggunaan file dengan ekstensi .LNK yang mengeksploitasi celah keamanan, dan raksasa software itu menyatakan perlu diambil tindakan yang perbaikan yang di luar kebiasaan.

Seperti dikutip dari ArsTechnica, Minggu 1 Agustus 2010, Microsoft umumnya menghadirkan tambalan keamanan setiap Selasa kedua pada tiap bulan. Sebelum ditemukan celah keamanan ini, tambalan rutin Microsoft dijadwalkan hadir pada 10 Agustus 2010.

Peluncuran tambalan yang delapan hari lebih cepat dibanding jadwal seharusnya menandakan parahnya celah keamanan tersebut. Adapun sistem operasi yang akan ditambal adalah seluruh versi Windows yang saat ini masih didukung oleh Microsoft.

Sejauh ini, sudah ada beberapa keluarga malware yang memanfaatkan celah pada .LNK tersebut, termasuk Saliti.AT yang termasuk sangat berbahaya.

Sebagai informasi, Sality.AT bukan saja memiliki varian yang sangat luas, tetapi juga dapat menginfeksi file lain yang membuat penghapusan virus setelah infeksi menjadi sulit. Ia juga mengopikan diri ke perangkat removable, mendisable fitur keamanan, dan mendownload aplikasi jahat lain.

Microsoft melihat tren peningkatan serangan menggunakan metode tersebut dan kini menjadi semakin meluas. Untuk itu, tim pengamanan dari Microsoft yakin bahwa tambalan harus disediakan sesegera mungkin.

• VIVAnews