Mantan pemain Manchester City, Dietmar Hamann, mengaku yakin bahwa “The Citizens” takkan mampu bersaing dengan Chelsea, Arsenal, Manchester United, dan Liverpool meraih gelar juara Premier League. Menurutnya, City tak memiliki konsistensi seperti yang dimiliki keempat klub besar tersebut.

“Mereka seharusnya finis di empat besar tahun lalu, tapi mereka gagal. Ada kemungkinan mereka takkan mampu finis di posisi itu lagi karena Liverpool semakin baik. Tottenham Hotspur, Arsenal, dan Everton juga akan memperebutkan posisi empat besar,” kata Hamann.

“Saya tidak melihat City sebagai calon juara. Mereka harus memiliki konsistensi dan tetap bertahan dengan pemain-pemain yang mereka punya. Mereka harus memilih pemain dengan hati-hati dan membeli pemain yang paling tepat. Tapi, jika mereka tetap melakukan apa yang mereka lakukan saat ini, saya tidak melihat mereka akan mampu menantang Manchester United atau Chelsea,” lanjut Hamann.

Hamann yang menghabiskan tiga tahun di Eastlands sangat prihatin dengan kebijakan transfer mantan klubnya tersebut. Musim ini City kemungkinan akan menghabiskan dana lebih dari setengah triliun rupiah untuk membeli Yaya Toure, Jerome Boateng, David Silva, Aleksander Kolarov, dan kemungkinan Mario Balotelli.

Padahal, musim lalu mereka juga sudah mengaburkan dana selangit untuk membeli Carlos Tevez, Joleon Lescott, Kolo Toure, Emmanuel Adebayor, Gareth Barry, dan Roque Santa Cruz.

“Mereka melakukan pergantian 10 sampai 15 pemain setiap musim dan jika mereka tetap melakukan hal itu, mereka takkan ke mana-mana. Anda membutuhkan konsistensi di sebuah klub sepak bola. Saya tidak setuju dengan apa yang mereka lakukan saat ini,” pungkas Hamann.