CEO Microsoft Corp, Steve Ballmer mengakui keunggulan iPad buatan Apple sebagai produk komputer tablet yang mumpuni. Ia pun kaget iPad bisa selaris sekarang. Hal tersebut menjadi pemacu CEO Microsoft tersebut untuk membuat tablet pesaing yang lebih baik daripada iPad.

“Kita harus membuat hal ini menjadi mungkin dengan perangkat yang menggunakan Windows, dan saat ini kita sedang dalam proses untuk mencapainya,” kata Steve Ballmer di depan para investor yang menghadiri konferensi di markas Microsoft di Redmond, AS, Kamis (29/7/2010) kemarin.

Ballmer mengatakan bahwa Microsoft tengah bekerja sama dengan beberapa mitra produsen hardware untuk meningkatkan kualitas perangkat tablet yang menggunakan OS Windows 7. Untuk distribusinya kelak, Microsoft juga akan menambah toko ritelnya sendiri sebanyak 3 buah dari 4 yang ada sekarang.

Tablet atau biasa disebut slate oleh Microsoft yang menggunakan Windows 7 saat ini memang belum terwujud sebagai produk komersil. Microsoft masih mencoba mengembangkannya sehingga mendapatkan produk yang tak kalah kualitasnya dengan iPad. Ballmer mengakui iPad berhasil sukses dalam penjualan bahakn di luar dugaannya dan Microsoft menginginkan penjualan yang lebih baik dari itu.

Salah satu pendorong kualitas tablet buatan Microsoft adalah Intel Corp yang tahun depan berencana memproduksi prosesor baru yang diberi nama kode “Oak Trail”. Prosesor ini akan bekerja lebih baik untuk sebuah perangkat tablet atau slate. Ballmer mengungkapkan bahwa prosesor ini tidak membutuhkan kipas untuk membuat perangkat tetap dingin dan daya tahan baterai yang lama.

Ballmer mengatakan mulai tahun depan persaingan perangkat tablet akan semakain seru dengan banyaknya platform yang bermain. Selain Windows 7, sejumlah produsen hardware diperkirakan akan menggunakan sistem operasi lainnya seperti  Chrome OS dari Google. Hewlett Packard juga berencana membuat perangkat sejenis menggunakan platform WebOS dari Palm yang baru diakusisinya.