Kini tak perlu lagi memegang dan menggeser-geser mouseuntuk mengoperasikan komputer. Sudah ada Magic Trackpad yang bisa mengerjakan semua fungsi mouse hanya dengan sentuhan jari-jari tangan.

Magic Trackpad adalah produk baru yang diperkenalkan Apple, Selasa (27/7/2010). Bentuknya berupa papan aluminium yang permukaannya dilapisi kaca. Bukan sembarang papan karena di dalamnya dilengkapi sensor sentuh multitouch.

Pada dasarnya, Magic Trackpad sama saja dengan touchpad pada Macbook Pro. Teknologi yang digunakan juga sama. Namun, ukurannya 80 persen lebih besar sehingga lebih leluasa untuk sandaran tangan.

Koneksi ke komputer tidak perlu kabel karena menggunakan bluetooth yang bisa dipakai hingga 10 meter dari komputer. Daya listriknya menggunakan dua baterai ukuran AA NiMh yang telah disertakan Apple. Sebagai pelengkap, juga tersedia charger untuk isi ulang baterai tersebut.

Sensor multitouch-nya mendukung empat perintah dengan kombinasi jari-jari tangan. Untuk melakukan satu kali klik, tekan saja permukaannya atau ketuk satu kali atau dua kali tergantung pengaturannya. Untuk melakukan scrolling di layar, geser dua ujung jari di permukaannya sesuai arah yang diinginkan, vertikal, horizontal, atau diagonal. Dua lainnya yakni menggeser tiga ujung jari untuk melakukan page forward atauback saat membuka web serta menggunakan jempol dan ujung telunjuk untuk melakukan gerakan memutar.

Magic Trackpad hanya bekerja untuk komputer dengan sistem operasi paling rendah Mac OS X Snow Leopard v1.0.6.4. Harganya 69 dollar AS dan sudah bisa dibeli di toko online Apple.