Yahoo berencana untuk berinvestasi pada sejumlahhacker yang memiliki ide dan teknologi cemerlang.

Hal ini dikatakan oleh Jeff Kinder, Senior Vice President for Media Products and Solutions, kepada situs MacWorld, di sela-sela pelaksanaan Yahoo Open Hack Day di Bangalore, India.

Selama ini, hacker dan ajang “Yahoo Open Hack Day” memang selalu menjadi momentum penting bagi Yahoo. Namun Yahoo memang tidak memiliki model pendanaan yang baku bagi para hacker yang mengikuti ajang Yahoo Open Hack Day.

Yahoo Meme, salah satu layanan mikroblog Yahoo yang ditransformasikan, dari semula hanya merupakan ide internal Yahoo, menjadi sebuah produk di platform yahoo, setelah acara Open Hack Day di Brazil, pada akhir 2008.

Setelah application programming interface (API) milik Yahoo dibuka bagi para hacker di acara tadi, “dalam waktu singkat, komunitas developer benar-benar sangat membantu untuk menjadikan seperti produk yang ada saat ini,” kata Kinder.

Kini layanan Yahoo Meme telah tersedia di berbagai negara meliputi Brazil, Filipina, Indonesia, Mexico, Taiwan, dan India. Selain itu, Koprol, startup asal Indonesia yang menyediakan layanan jejaring sosial berbasis lokasi, juga diakuisisi oleh Yahoo pada Mei lalu, setelah memamerkan teknologinya di acara Open Hack Day tahun lalu.

Ajang Open Hack Day sendiri, awalnya adalah sebuah acara internal bagi developer di Yahoo. Belakangan, Hack Day menambah jumlah peserta mereka yang berasal dari berbagai negara, termasuk para developer dari London, Brazil, Taiwan, Jakarta, dan Bangalore.

Untuk acara di Bangalore, Open Hack Day diikuti oleh sekitar 1.800 pendaftar, yang mana 500 di antaranya diseleksi. Di acara itu, ada 123 proyek hack, sehingga menjadikan ajang itu sebagai acara Open Hack Day terbesar yang selama ini diselengarkan oleh Yahoo, kata Kinder. (hs)

• VIVAnews