Berapa banyak buku yang sudah Anda baca hingga saat ini? Tentunya informasi yang Anda dapatkan dari berbagai sumber bacaan bermanfaat dan menjawab berbagai persoalan. Namun cobalah ingat kembali, sejauhmana kemampuan otak mengingat semua informasi yang pernah Anda baca?

Tom Martin Charles Ifle, pakar hipnoterapi, mengatakan kemampuan otak untuk mengingat bisa dilatih oleh diri sendiri. Seperti dijelaskan dalam bukunya berjudul Big Brain Big Money, ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan saat membaca buku yang Anda gemari. Cara berikut, menurut Tom, menjadi metode self hypnotheraphy:

1. Setelah memilih buku bacaan, bayangkan garis besar yang akan dijelaskan buku tersebut.

2. Siapkan alat tulis, pena, dan buku catatan. Perlengkapan ini bisa membantu Anda merekam informasi lebih lama dalam ingatan.

3. Lalu tuliskan satu hal yang ingin Anda dapatkan dari membaca buku ini. Apakah Anda ingin dengan membaca maka bisa menyelesaikan masalah Anda saat ini. Jika itu yang Anda inginkan, mulailah menuliskan keinginan untuk membantu Anda memahami pesan dari buku yang Anda pilih. Misalnya, tulislah, “Saya ingin mendapat ide bagaimana meningkatkan kualitas pikiran”. Dengan mengetahui dan menuliskan tujuan membaca buku, pikiran dan otak Anda akan fokus dan mulai merekam pesan besar dari buku tersebut.

4. Sebelum mulai membaca, pejamkan mata, tarik nafas dalam-dalam, dan rilekskan otot mata Anda. Katakan dalam hati, bahwa Anda akan membaca buku tersebut dalam lima menit, dan yakinkan diri Anda bahwa buku tersebut bisa memberikan pelajaran untuk meningkatkan kualitas pikiran Anda. Artinya, ajak diri Anda membaca buku untuk mencapai tujuan yang diinginkan dan sudah dituliskan sebelumnya.

5. Dengan otot mata yang rileks, buka mata dan mulailah membaca. Cara ini bisa membuat kegiatan membaca lebih santai. Pastikan posisi duduk tegak saat membaca dan nikmatilah kegiatan ini.

6. Setelah lima menit pertama, berhenti membaca. Mulailah memanfaatkan alat tulis yang sudah disiapkan sebelumnya. Tulislah garis besar isi buku. Cara ini akan melatih imajinasi secara dramatis.

7. Tinggalkan catatan kecil Anda, dan kembalilah membaca. Di sela waktu membaca, catatlah ide penting yang Anda temukan dan beri garis bawah pada setiap ide yang Anda anggap penting. Jika tak ingin mengotori buku, maka rajin-rajinlah mencatat ide penting. Atau, berilah tanda pada halaman yang memuat informasi penting menurut Anda dengan menempelkan post it, misalnya.

8. Saat selesai membaca, tutup buku, pejamkan mata, dan tarif nafas mendalam sebanyak tiga kali. Pikiran yang rileks akan memusatkan fokus perhatian pada pengalaman membaca Anda dan melatih otak merekam informasi, dengan bantuan catatan kecil yang Anda buat sendiri di setiap tahapan membaca.

Selamat mencoba.