Microsoft telah menghadirkan aplikasi antivirus gratis Security Essentials versi beta terbarunya. Meski masih versi beta, pada aplikasi tersebut kini Microsoft menyediakan perlindungan baru yakni serangan berbasis jaringan.

Microsoft Security Essentials (MSE) kini berintegrasi dengan Internet Explorer agar dapat secara lebih baik melindungi pengguna dari ancaman berbasis web. Ini diyakini dapat membuat sistem mampu mencegah script berbahaya yang ingin beroperasi.

Sebenarnya, versi MSE yang ada saat ini juga bisa mendeteksi script berbahaya saat script tersebut masuk ke dalam cache Internet Explorer. Namun, hal itu sudah terlambat untuk melindungi pengguna.

Seperti dikutip dari Ars Technica, 23 Juli 2010, bagi pengguna Windows Vista dan Windows 7, MSE versi baru ini dapat menyediakan perlindungan terhadap eksploit dengan memeriksa trafik jaringan dan memblokir koneksi yang mencurigakan.

Sayangnya, versi beta dari Microsoft Security Essentials baru ini tersedia secara terbatas. Menurut Microsoft, pengguna yang bisa menguji coba aplikasi tersebut hanyalah mereka yang tinggal di Amerika Serikat, Israel, Brazil, dan China, meski pengguna dari Inggris juga dilaporkan berhasil men-download dan menginstalasikannya.

Pengguna dari kawasan lain kemungkinan besar harus menunggu versi final dari aplikasi pengamanan sederhana tersebut.

Selain itu, perlu diperhatikan, fasilitas pengamanan jaringan ini tidak tersedia bagi pengguna Windows XP. Pasalnya, fitur tersebut bergantung pada fasilitas Windows Filtering Platform yang baru disediakan pada  Windows Vista ke atas.