Datang ke Afrika Selatan dengan status debutan di Piala Dunia 2010, Thomas Muller pulang dengan gelar bergengsi. Ya, Muller dianugerahi Golden Boot karena mencetak lima gol dan tiga assist.

Untuk mengenal Muller lebih dekat sebaiknya Anda melihat 10 fakta soal pria 20 tahun ini seperti dilansir China Daily, Senin 12 Juli 2010.

1. Muller bergabung dengan Bayern Munich di usia 10 tahun dari tim junior TSV Paehl.

2. Debutnya sebagai pemain Munich dimulai ketika menjadi pengganti Miroslav Klose di lanjutan Bundesliga. Lawan pertama Muller adalah Hamburg pada 15 Agustus 2008.

3. Melakukan debut impresif di musim 2008-09 di Liga Champions saat menghadapi Sporting Lisbon. Bahkan, Muller ikut mencetak satu dari 12 gol keunggulan agregat Munich.

4. Menikah di usia cukup muda, 19 tahun, dengan pacarnya Lisa di akhir 2009. Keduanya sudah bertunangan sejak dua tahun sebelumnya.

5. Penunjukkan Louis van Gaal jadi pelatih baru Munich menjadi batu loncatan Muller masuk ke tim inti.

6. Gelandang serang bertinggi 186 cm ini berperan besar pada kemenangan Munich di Piala Jerman. Namun, ia tak berdaya ketika Munich dikalahkan Inter Milan di ajang Liga Champions musim 2009-10.

7. Debut internasionalnya bersama timnas Jerman berakhir dengan kekalahan 0-1 dari Argentina pada 3 Maret 2010.

8. Mencetak dua gol indah ke jala Inggris dalam babak 16 besar Piala Dunia 2010. Kedua gol tercipta dalam tempo tiga menit.

9. Tiga menit juga menjadi angka keramat bagi Muller saat melawan Argentina di babak perempat final. Sebab, itulah waktu yang dibutuhkannya untuk mencetak gol pertama Jerman ke jala tim Tango.

10. Mencetak gol kelimanya dengan tembakan kelimanya ke arah target saat Jerman mengalahkan Uruguay di perebutan tempat ketiga.