ASEAN, yang para anggotanya termasuk Indonesia akan menyerukan akses bantuan tanpa rintangan ke Jalur Gaza dan memulai kembali perundingan perdamaian Timur Tengah, demikian rancangan satu dokumen.

Dokumen itu mengatakan, para menteri luar negeri ASEAN mengecam keras serangan Israel pada 31 Mei terhadap satu armada yang mengangkut barang-barang bantuan tujuan Jalur Gaza.

“Kami menegaskan kembali seruan akses tanpa rintangan bagi bantuan kemanusiaan bagi rakyat Palestina di Gaza untuk membantu mengurangi penderitaan mereka,” kata rancangan dokumen yang diperoleh menjelang pertemun tahunan 10 menteri luar negeri ASEAN, di Vietnam, Senin (19/7/2010).

Diskusi itu mencapai puncaknya Jumat dalam forum Regional ASEAN yang beranggotaan 27 negara, dialog keamanan terbesar Asia-Pasifik, yang akan dihadiri Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton.

Dalam rancangan dokumen itu, para menlu menyerukan dimulainya kembali perundingan bagi penyelesaian akhir, adil dan menyeluruh dengan mewujudkan pembentukan dua negara, Israel dan Palestina.