Memimpin pertandingan final Piala Dunia 2010 antara Belanda dan Spanyol, (11/7/2010), membuat wasit Howard Webb mengalami tekanan hebat. Webb dipastikan takkan memimpin pertandingan Liga Inggris pada pekan pertama setelah Premier League mengabulkan permintaannya untuk libur.

Pertandingan final lalu merupakan debut bagi mantan perwira polisi ini. Webb menandai debutnya dengan memimpin pertandingan yang terbilang panas. Kedua tim tampil dengan mengabaikan sportivitas sehingga dia harus mengeluarkan 14 kartu kuning dan satu kartu merah.

Webb juga sempat mengatakan, laga final itu seperti berada di neraka karena menguras fisik dan emosinya. Presiden Sepp Blatter pun memuji kepemimpinan Webb karena mampu pertandingan dengan tegas. Blatter pun menilai kedua tim tak menjunjung nilai sportivitas.

Pertandingan yang tergolong “brutal” itu benar-benar membuat wasit berusia 39 tahun itu tertekan. Untuk melepaskan tekanan tersebut, Webb memilih libur pada pekan pertama Premier League. Mengerti akan kondisi itu, Premier League pun mengizinkannya. Dengan demikian, Webb akan absen memimpin pertandingan pada 14 dan 21 Agustus nanti.