Kabareskrim Polri Komisaris Jenderal Ito Sumardi mengungkapkan, orang yang diduga mengunggah tiga video asusila pertama kali adalah kawan dari tersangka Nazriel Irham alias Ariel Peterpan. Yang bersangkutan telah ditangkap polisi dan telah ditetapkan sebagai tersangka.

“Kenal. Yah, karena pergaulan sehari-hari. Dia sudah tersangka,” ucap Ito di Mabes Polri, Jumat (16/7/2010), ketika ditanya apakah pelaku mengenal Ariel.

Ito belum bersedia mengungkapkan identitas pelaku. Menurut Ito, pihaknya masih memeriksa yang bersangkutan di Polwiltabes Bandung. “Masih berkembang. Kita sedang teliti apakah ada kesengajaan (Ariel) atau keteledoran (menyebar video),” kata dia.

Seperti diberitakan, sebelumnya, polisi telah menangkap sembilan orang yang diduga mengunggah tiga video. Salah satu pelaku berinisial K, pengelola situs. K diduga mendapat tiga video dari pelaku yang kini diperiksa di Bandung.

Dengan ditetapkanya satu pelaku lagi sebagai tersangka, polisi telah menetapkan 12 tersangka dalam kasus video asusila. Tiga tersangka lain adalah Ariel, Luna Maya, dan Cut Tari.