Pelatih Manchester United Sir Alex Ferguson akan mengandalkan barisan pemain muda untuk menjalani Premier League musim 2010-2011. Fergie, sapaan akrabnya, percaya strategi ini bisa menjadi kunci kesuksesan bagi kubu “Setan Merah”.

Selama ini, cara Fergie dalam meremajakan klubnya bisa dibilang tak pernah meleset dari target. Bahkan, Fergie dan “The Red Devils” sukses mencetak pemain-pemain bintang. Sebut saja nama David Beckham, Gary dan Phillip Neville, Ryan Giggs, serta yang teranyar, Michael Carrick.

Semua nama di atas adalah bukti dari tangan dingin Sir Alex dalam membimbing pemain-pemain mudanya. MU sendiri, dibanding klub-klub besar lainnya di Premier League, tergolong jarang membeli pemain bintang. Paling hanya satu atau dua nama saja. Sisanya? Fergie lebih percaya pada instingnya terhadap pembibitan pemain di Old Trafford.

“Sejarah Manchester United cukup sederhana. MU selalu berbasis dari anak-anak muda. Keadaan inilah yang membuat kami lebih nyaman,” kata Fergie kepada harian Inggris,The Mirror.

“Menghasilkan pemain merupakan keuntungan besar bagi kami. Kami tahu respons yang kami terima dari para suporter ketika menghasilkan pemain melalui sistem peremajaan kami ini. Ini juga merupakan hal memuaskan yang fantastis,” tambahnya.

Musim ini, MU baru mendatangkan penyerang muda Meksiko, Javier Hernandez, yang bulan lalu bermain pada Piala Dunia 2010. Menurut Fergie, pemain berusia 22 tahun itu bakal memainkan peran penting di klub.

Selain bakal memberi kepercayaan penuh pada pemain barunya ini, Fergie juga memuji para pemain muda MU lainnya, yang kini tengah berjuang guna memberi kontribusi bagi klub pada musim depan. Pelatih berkebangsaan Skotlandia ini percaya, pasukan mudanya itu mampu bersinar.

“Saat ini kami punya banyak pemain muda, yang telah berkembang di klub lain selama beberapa tahun terakhir, seperti Danny Welbeck, Jonny Evans, Darron Gibson, dan Federico Macheda. Mereka akan berkembang dengan baik pula di klub ini,” ujar Ferguson.

“Beberapa pemain terus meningkat, seperti Oliver Gill dan Corry Evans. Jadi, kami punya koleksi pemain muda yang bagus. Bila kami tak memberi kesempatan untuk bermain, maka mereka akan pindah ke klub lain, dan klub lain itulah yang akan mendapat hasil dari kerja keras kami terhadap mereka.”

“Kami punya banyak pengalaman di masa lalu. Jadi, kami sebisa mungkin akan menghindari hal tersebut dan memastikan bahwa kami memberikan keputusan tepat terhadap karier mereka. Pasalnya, sebagian besar dari mereka punya talenta bagus,” tutup Ferguson.