Seusai meraih gelar juara dunia, Spanyol bertengger di peringkat pertama FIFA, sekaligus menggeser juara dunia lima kali, Brasil.

“La Furia Roja”, yang menjadi juara dunia untuk pertama kali, berhak ke puncak klasemen dengan mengoleksi 1.883 poin. Adapun “Samba”, yang mencapai perempat final, melorot dua tangga ke peringkat ketiga dengan poin sebanyak 1.536.

Negara yang paling banyak mendaki ranking adalah Uruguay. Peringkat keempat Piala Dunia 2010 ini menyodok ke urutan keenam atau naik 10 tingkat. Cile naik delapan posisi ke urutan 10.

Inggris yang hanya mengantongi satu kemenangan pada Piala Dunia lalu justru naik satu ranking ke urutan ketujuh. Namun, hal itu tak berlaku bagi Perancis. Juara dunia 1998 ini terjun bebas ke posisi 22 dari posisi sembilan pada 26 Mei lalu.

Rapor merah juga dialami Indonesia, yang turun satu peringkat ke posisi 138. Penurunan ini tak sedrastis Vietnam, yang merosot 10 tangga, meskipun mereka masih unggul sembilan tingkat di atas Indonesia, yakni di posisi 127.

Berikut daftar 20 negara di posisi teratas ranking FIFA: Spanyol, Belanda, Brasil, Jerman, Argentina, Uruguay, Inggris, Portugal, Mesir, Cile, Italia, Yunani, Amerika Serikat, Serbia, Kroasia, Paraguay, Rusia, Swiss, Slovenia, dan Australia.