Data plan belakangan ini menjadi isu utama penggunaan layanan industri seluler, setelah voice dan SMS mulai mengalami penurunan pemakaian. Hal ini sejalan dengan lahirnya ponsel berkapasitas akses dunia maya melalui GPRS, juga tumbuhnya keinginan masyarakat untuk melakukan aktivitas jejaring sosial dan komunikasi teks yang disebut chatting.

Sadar akan pertumbuhan kebutuhan pengguna inilah, XL Axiata pun melakukan serangkaian program promosi di ajang Indonesia Cellular Show 2010 (14-18 Juli). Presiden Direktur XL Axiata, Hasnul Suhaimi bilang, “Layanan seluler harus terus berkembang dari awalnya voice dan SMS. Kini layanan XL telah berkembang sedemikian rupa, termasuk menyediakan layanan data, juga internet baik mobile maupun broadband.”

Maka meluncurlah empat program istimewa yang mengakomodasi semua kebutuhan internet itu. Program pertama misalnya berupa XL Unlimited untuk Pascabayar. Di program ini ditawarkan tiga jenis paket, antara lain Unlimited Weekend (sebesar Rp 75.000,-) yang menggratiskan voice dan SMS pada Sabtu dan Minggu (selama 24 jam). Paket Unlimited Malam Hari (Rp 100.000,-) memberikan telepon dan SMS free saban malam (mulai pukul 17.00 sampai 08.00) dan gratis bicara plus SMS pada Sabtu Minggu. Sedangkan paket Unlimited Siang Hari (Rp 200.000,-) yang memberi cuma-cuma telepon dan SMS pada siang hari (pukul 08.00 sampai 17.00) pun gratisan pada Sabtu dan Minggu.

Di layanan akses internet, XL menawarkan XL Internet Broadband. Ada dua jenis paket yaitu Fast dan XtraFast. Paket Fast (yang memberi kecepatan data 256 kbps) dimulai dari Rp 10.000,- per hari hingga Rp 499.000,- per 90 hari. Tarif Xtra Fast (yang kecepatannya digandakan, 512 mbps) ditawarkan dari harga Rp 15.000,- per hari sampai Rp 749.000,- per 90 hari.

Bagi penggemar BlackBerry, XL tak tinggal diam. Paket BlackBerry One di ajang ICS kali ini ditawarkan seharga Rp 99.000,- untuk kartu pra dan pascabayar. Untuk itu pelanggan bisa memanfaatkan gratis pemakaian selama satu bulan. Namun untuk pelanggan prabayar sebelumnya harus melakukan top up senilai Rp 100.000,-

Yang paling menarik buat siapa saja yang doyan membuka Facebook, XL membuka akses gratis untuk melakukan up load foto, meng-up date status, menambah teman, dan memberikan komentar. Caranya pun sangat mudah. Anda tinggal masuk ke akses tunggal *123# lalu pilih menu Paket Gratis Facebook. Tentu paket promosi satu ini ada batasnya, yaitu hingga tanggal 30 September 2010. Hitung-hitung selama dua setengah bulan gratis Facebook-an.