Selain Andres Iniesta, Spanyol punya “pahlawan” lain di Piala Dunia 2010. Siapa lagi kalau bukan gurita Paul, yang menebak tepat kemenangan “La Roja”. Karena dianggap “berjasa”, gurita ajaib itu akan diundang sebagai tamu kehormatan Spanyol dalam Festival Gurita yang diselenggarakan pada 8 Agustus nanti.

Festival itu merupakan festival tahunan dengan tema gurita yang selalu diselenggarakan di Kota O Carballino, di barat laut Galicia, Spanyol. Wali Kota O Carballino, Carlos Montes, mengungkapkan, pihaknya akan segera mengurus perizinan kepada staf akuarium Oberhuasen Sea Life di Jerman agar Paul bisa hadir pada acara tersebut. Bukan hanya itu, Paul juga sudah ditetapkan sebagai warga kehormatan di kota tersebut.

Bagi penduduk Spanyol, Paul memiliki arti penting selama Piala Dunia. Gurita jantan itu telah “menebak” pemenang dua pertandingan terakhir Spanyol di turnamen tersebut. Ketika banyak orang memprediksi Jerman bakal mengalahkan “El Matador” di semifinal, Paul justru memilih Spanyol sebagai pemenang. Paul lagi-lagi memilih bendera Spanyol sebagai pemenang di laga final lawan Belanda.

Begitu fenomenalnya Paul, beberapa pengusaha di Galicia mengumpulkan dana hingga 30.000 euro (hampir Rp 400 juta) untuk membeli binatang berusia dua tahun itu. Bahkan, ada seorang pengusaha yang menghargainya senilai 38.000 euro atau lebih dari setengah miliar rupiah.