Microsoft merilis pemberitahuan awal mengenai update patchkeamanan terbaru yang akan dirilis pada hari Selasa (13/7/2010) besok. Total ada 5 kerentanan yang akan diatasi dengan patch tersebut.

Untuk Windows XP ada dua patch yang akan dirilis. Masing-masing untuk masalah yang sudah pernah diungkapkan Microsoft, namun belum pernah diatasi. Salah satunya adalah kerentanan yang disebut zero-day dalam Windows XP dan Windows Server 2003 yaitu sistem bantuan yang diungkapkan sebulan yang lalu oleh Travis Ormandy. 

Patch tersebut akan menjadi yang terakhir untuk Windows XP SP2 karena Microsoft akan segera menghentikan dukungan teknis terhadap sistem operasi tersebut. Hari ini juga hari terakhir update securityuntuk Windows 2000 dan dipastikan akan berakhir dukungan dari Microsoft tanpa patch baru lagi.

Kerentanan lain yang akan diatasi adalah kelemahan yang sudah diketahui sejak bulan Mei lalupada Windows 7 versi 64 bit dan Windows Server 2008 R2. Meskipun secara teknis kerentanan ini termasuk kritis, Microsoft mengatakan bahwa akan sangat sulit untuk mengeksploitasinya. Untuk Windows Vista tidak ada kelemahan yang perlu diatasi.

Dua update patch terbaru lainnya ditujukan untuk Microsoft Office. Salah satu dikategorikan update kritis dan yang satunya lagi merupakan update penting. Semuanya mendukung versi Office kecuali Office 2010 yang baru saja dirilis.