Telegraph memberitakan, seorang pengusaha asal Spanyol siap membeli Paul Si Gurita, yang meramal “La Roja” akan menjadi juara dunia dan terbukti benar, dengan harga 38.000 poundsterling atau sekitar Rp 515 juta. Menurut mereka, pengusaha itu menilai Paul berjasa kepada Spanyol dan ingin menjadikannya maskot acara-acara kuliner di Spanyol.

Di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan, Paul meramal tujuh pertandingan kesebelasan nasional Jerman dan laga final antara Spanyol dan Belanda. Tak satu pun ramalan itu meleset.

Itu menjadikan Paul sangat terkenal dan, layaknya orang terkenal, selain banyak yang menggemarinya, tak sedikit yang ingin menghabisinya, terutama orang-orang yang tim kesayangannya gagal juara.

Perdana Menteri Spanyol Jose Luis Rodriguez Zapatero bahkan sampai berniat mengirimkan pasukan khusus untuk menjaga Paul, yang berhabitat di Akuarium Oberhausen.

“Saya khawatir dengan gurita itu. Saya berpikir mengirimkan tim pengawal untuknya,” kata Zapatero.

Selain itu, Menteri Lingkungan dan Perikanan Spanyol Elena Espinosa juga berniat mengajukan undang-undang perlindungan Paul dalam pertemuan menteri-menteri Eropa.

“Saya akan menghadiri pertemuan menteri Eropa dan akan mengajukan larangan menangkap Paul Si Gurita supaya orang-orang Jerman tak memakannya,” ungkap Espinosa.