Jerman mengulang prestasi Piala Dunia 2006 dengan merebut tempat ketiga pada Piala Dunia 2010. Dalam pertarungan alot lawan Uruguay, Jerman akhirnya menang 3-2.

Jerman sebetulnya tak tampil dengan kekuatan terbaiknya dalam duel di Stadion Nelson Mandela Bay, Port Elizebeth, Sabtu (10/7/2010) malam itu. Pelatih Joachim Loew mengganti lima pemain yang dimainkannya dalam semifinal lawan Spanyol. Sebaliknya, Pelatih Uruguay Oscar Tabarez sangat mengincar peringkat ketiga ini dengan memainkan semua pemain utamanya.

Setelah membnuang dua pelaung di menit ke-10, Jerman membuka keunggulan lewat serangan mematikan di menit ke-19. Tendangan Bastian Schweinsteiger terlalu keras bagi kiper Fernando Muslera. Kiper Uruguay ini hanya sanggup menahannya, tapi bola muntah disambar oleh Thomas Mueller dan gol.

Sembilan menit kemudian, Schweinsteiger justru membuat kesalahan. Bolanya direbut Diego Perez di tengah lapangan dan diberikan kepada Luis Suarez. Edinson Cavani membawa umpan melebar dari Suarez, menusuk cepat di sayap kiri, dan mengarahkannya ke tiang jauh. Gol, skor 1-1 bertahan sampai turun minum.

Dua menit setelah jeda, Suarez kembali mendapat peluang membuat gol. Ia menyambar bola Cavani, yang tak dapat diamankan oleh Butt. Tembakan Suarez kembali melenceng.

Diego Forlan akhirnya membalikkan keadaan lewat golnya di menit ke-51. Menerima bola dari Egidio Arevalo, pemain Atletico Madrid itu melepas tendangan setinggi dada. Butt hanya berdiri diam menyaksikan bola memantul tanah dan masuk gawang.

Keunggulan ini pun hanya berlangsung lima menit. Marcell Jansen berhasil menyamakan skor setelah menandukcrossing Jerome Boateng dari sayap kanan.

Pertandingan kini semakin panas. Serangan Uruguay semakin membabi buta. Suarez kembali melepas tendangan keras di menit ke-62. Kali ini Butt berhasil menepisnya. Tiga menit kemudian, giliran Forlan dikecewakan oleh pertahanan rapat Butt.

Masuknya Stefan Kiessling hampir membuat Jerman unggul di menit ke-75. Tendangannya pemain Bayer Leverkusen itu masih bisa ditepis oleh Muslera.

Kemenangan “Die Mannschaft” akhrinya ditentukan oleh gol Sami Khedira pada menit ke-82. Berawal dari sepak pojok Oezil, Khedira berhasil menyambut bola liar dengan tandukan ke gawang Muslera.

Di menit terakhir, Uruguay mendapat kesempatan mencetak gol lewat tendangan bebas. Sungguh apes, tendangan Forlan mengenai mistar dan keluar. Laga pun berakhir untuk kemenangan “Die Mannschaft”.

Susunan pemain:
Uruguay (4-4-2):
Muslera; Fucile, Lugano, Godin, Caceres; M. Pereira, Perez (Gargano 77), Cavani, Arevalo; Suarez, Forlan.

Jerman (4-2-3-1): Butt; Boateng, Mertesacker, Friedrich, Aogo; Schweinsteiger, Khedira; Mueller, Oezil (Tasci 91), Jansen (Kroos 81); Cacau (Kiessling 73).