Dreamworks Animation tidak hanya akan merilis film kartun terbarunya “Shrek Forever After” pada 21 Mei 2010 mendatang. Studio tersebut kini juga tengah mengonversi tiga film Shrek pertama yang hit di pasaran ke dalam format 3D berkualitas tinggi (HD) yang akan direkam dalam Blu-ray disc.

“Untuk kembali dan membuat ulang ke dalam kualitas 3D tidaklah mahal, tetapi kami ingin mencapai hasil kualitas yang cukup tinggi,” kata Jeffrey Katzenberg, CEO Dreamworks Animation, saat Konvensi tahunan National Association of Broadcasters, Rabu (14/4/2010) lalu.

Dia optimistis teknologi dan dukungan modal yang ada saat ini bisa menghasilkan konversi tayangan video dua dimensi menjadi video 3D yang berkualitas. Katzenberg memperkirakan proses itu akan memakan biaya 20 juta dolar AS per film dan butuh 18 bulan untuk menyelesaikannya.

“Ini sedang berubah sangat, sangat cepat. Saya cukup optimistis bahwa apakah itu 12 bulan atau 18 bulan atau 24 bulan dari sekarang, akan ada sebuah produk berkualitas dalam konversi 2D ke 3D,” ujarnya. Sebelumnya, George Lucas juga tengah berupaya mengonversi Star Wars dan James Cameron mengubah Titanic ke dalam format 3D.