Media Spanyol, AS danMarca, menyebut terpilihnya wasit Howard Webb sebagai pemimpin laga final Piala Dunia antara Spanyol dan Belanda sebagai berita buruk. Ini mengacu kepada performa Webb ketika memimpin laga fase grup antara Spanyol dan Swiss dengan hasil Spanyol kalah 0-1.

Pada laga itu, Webb dinilai melalukan dua keputusan yang merugikan Spanyol, yaitu tidak memberikan penalti ketika David Silva dilanggar dan mengesahkan gol kemenangan Swiss, yang dicetak Gelson Fernandez. Menurut mereka, Fernandez berada dalam posisi off-side saat membobol gawang Iker Casillas.

“Berita buruk. Webb adalah wasit final,” tulis Marca.

“Pemilihan Webb bisa dipertanyakan karena ia melakukan dua kesalahan yang membuat Spanyol kalah 1-2 dari Swiss,” sebutAS.

Sementara itu, ayah Webb, Billy, yang juga pernah menjadi wasit, menyatakan harapan agar anaknya tetap maju meski mendapat banyak kritik. Menurutnya, kontroversi memang menjadi risiko tak terelakkan bagi seorang wasit, setidaknya sampai FIFA berkenan memanfaatkan teknologi.

“Saya mendorong anak saya untuk menjadi wasit. Ketika saya melihat pertandingan pertama (yang dipimpinnya), saya meyakinkannya untuk terus,” kata Billy.

“Namun, saudara saya, wasit juga, mengatakan, ‘Saya tak bisa melihat sesuatu dalam diri anak muda ini (yang membuatnya pantas jadi wasit),” tutupnya.

Sebagai informasi, laga final Piala Dunia akan digelar di Stadion Soccer City, Minggu (11/7/2010).