Bagi kiper Jerman, Manuel Neuer, pertandingan menghadapi Argentina merupakan pertandingan terbesar dalam kariernya. Tak ada yang lebih besar selain menghadapi tim sekelas “Albiceleste” di ajang sebesar Piala Dunia.

Kiper Schalke 04 itu merasa beruntung bisa mendapat kesempatan yang sangat langka seperti ini. “Sejauh ini, pertandingan ini adalah pertandingan terbesar dalam karierku,” kata Neuer jelang pertandingan di Stadion Cape Town, Sabtu (3/7/2010).

Neuer belum lama berkecimpung di panggung internasional. Ia baru melakukan debutnya bersama Jerman pada tahun lalu. Namun, keberuntungan kerap melekat kepada pria berusia 24 tahun tersebut.

Pada awalnya, ia hanya diplot sebagai kiper ketiga “Die Mannschaft” di babak kualifikasi. Namun, posisinya naik menjadi kiper kedua, setelah Robert Enke wafat. “Keberuntungan” itu datang lagi ketika kiper utama, Rene Adler, cedera rusuk sebelum berangkat ke Afrika Selatan. Maka, majulah Neuer sebagai penjaga gawang utama Jerman di Afrika Selatan.

Keraguan sempat datang mengingat pengalamannya yang masih minim. Namun, sejauh ini ia mampu menjaga gawang Jerman dengan impresif. Melawan Argentina, Neuer mengakui cukup tegang, tetapi berusaha tetap tenang.

“Jelang pertandingan seperti melawan Argentina, Anda tidak boleh tegang. Tugasku memberi rasa tenang pada tim. Tidak akan mudah melawan tim dengan penuh bintang seperti Argentina, tetapi kami tak boleh menunjukkan kelemahan. Dalam hal individu pemain Argentina lebih baik, tetapi kami berharap pertandingan ini sama dengan laga melawan Inggris,” lanjut Neuer.

sumber : KOMPAS Bola