Kegagalan Brasil di Piala Dunia 2010 menghancurkan hati Ricardo Kaka. Ia meminta maaf kepada seluruh pendukung “Selecao” karena gagal memenuhi harapan mereka.

Tim “Samba” harus menelan pil pahit setelah dikalahkan Belanda 1-2, Jumat (2/7/2010). Kekalahan ini terasa berat karena Brasil sebenarnya tampil elegan di 45 menit pertama. Mereka mampu unggul melalui gol cepat Robinho. Sayangnya, di babak kedua, Brasil lengah dan Belanda berhasil membalas melalui dua gol.

“Kami sangat merasakan kekalahan ini. Tak ada yang lebih merasakannya selain kami. Aku tahu kesedihan yang dialami para fans Brasil,” kata Kaka.

Kegagalan ini terasa begitu menyakitkan bagi Kaka. Ia ragu apakah dirinya masih bisa bermain bersama “Selecao” di piala dunia berikutnya. “Sekarang kami memiliki waktu empat tahun untuk turnamen berikutnya. Aku tak tahu apa yang akan terjadi. Aku tak tahu apakah aku akan bermain di Piala Dunia selanjutnya. Aku berjuang keras untuk bermain di Piala Dunia ini dan aku tahu hal ini belum diakui,” kata pemain Real Madrid itu.

“Aku ingin lebih dan aku ingin bertarung untuk gelar keenam. Dalam beberapa kesempatan, aku kira aku takkan pergi ke Piala Dunia ini karena cederaku. Ini adalah momen tersedihku bersama ‘Selecao’. Ini adalah momen yang tepat untuk introspeksi diri,” lanjutnya.

Brasil akan menjadi tuan rumah di Piala Dunia 2014. Oleh karena itu, mereka akan berjuang mati-matian untuk menjuarai turnamen itu di hadapan pendukungnya sendiri.

sumber : http://bola.kompas.com/