Pelatih Tim Nasional Korea Selatan, Huh Jung-Moo, bertekad meraih kemenangan atas Uruguay pada babak perdelapan final malam nanti. Hal ini bakal dijadikan Huh untuk membalas dukungan publik Korsel yang selalu setia menyemangati mereka pada Piala Dunia Afrika Selatan 2010.

“Semua pemain telah berjuang sampai ke babak 16 besar. Terima kasih atas kerja keras dan usaha. Namun, kami tak akan berpuas diri. Kami ingin sampai ke perempat final dan membayar semuanya pada fans kami di Korsel, yang telah menghabiskan malam mereka untuk menyemangati kami,” ungkap Huh.

Meski menghadapi lawan berat, pelatih berusia 55 tahun ini menolak untuk bersikap pesimistis. Huh justru berjanji akan membawa “The Taeguk Warriors” terus melanjutkan langkah spektakuler mereka pada Piala Dunia edisi ini.

“Saya tak tahu siapa yang akan menang. Uruguay adalah tim kuat, tapi kami juga tim yang kuat. Kami akan melakukan yang terbaik untuk melangkah ke babak selanjutnya,” ungkapnya.

Sebagai tim, kekuatan Korsel memang terletak pada ketenangan bermain dan semangat bertanding mereka. Namun, Huh menyebut, kelemahan Korsel yang paling fatal justru terletak pada barisan pertahanan.

Hingga sekarang, gawang Korsel tercatat telah kebobolan enam gol dari tiga pertandingan. Bagi Huh, hal ini bisa jadi masalah utama mereka kala berhadapan dengan barisan depan Uruguay yang haus gol.

“Uruguay punya pertahanan bagus, sementara kami justru membiarkan tim menjebol gawang kami. Meski kami juga mencetak gol, kami harus mengompensasikan dua gol setiap tim lawan mencetak satu gol,” ucap Huh, yang pernah bermain di PSV Eindhoven.

“Kami tak bisa memastikan hasilnya kelak. Kami punya peluang menang 50-50,” tutupnya.

http://worldcup.kompas.com/